search

Kamis, 09 Juni 2011

SEMINAR PENDIDIKAN LAMBADA DENGAN PT. MILENIUM MUDA MANDIRI (MMM)


 

Pendidikan adalah suatu hal yang amat esensial bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan maka seorang anak manusia dapat meningkatkan kualitas kehidupannya baik secara moral maupun material. Terlebih setelah ia terjun ke dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pendidikan adalah hal yang akan sangat menunjang pergaulan yang luas tersebut. Pendidikan adalah suatu hal mutlak yang harus didapatkan serta dinikmati oleh seluruh umat manusia dan oleh karenanya termasuk ke dalam salah satu hak dasar (hak asasi) manusia, yaitu hak yang paling mendasar yang mesti dimiliki oleh seluruh manusia. Maka dari itu, Pemerintah Republik Indonesia, wajib memperhatikan pendidikan rakyatnya. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang berkualitas dan merata, yang dapat dinikmati oleh seluruh massyarakat. Namun pada kenyataannya, Pemerintah tidak mampu sepenuhnya menangani hal ini tanpa adanya kerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat.

Di sisi lain, banyak anak-anak bangsa, khususnya lulusan SMA, SMK atau sederajat yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang kuliah dikarenakan tidak adanya biaya. Padahal, calon penerus bangsa ini memiliki potensi-potensi yang luar biasa, yang akan sangat bermanfaat bagi kemajuan bangsa di masa yang akan datang apabila difasilitasi lapangan kerjanya. Hal inilah yang menjadi latar belakang Lembaga Pemberdayaan dan Mitra Pembangunan Daerah Jawa Barat (Lambada Jawa Barat) untuk ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan bangsa dengan cara memfasilitasi pelatihan dan pendistribusian lulusan SMA, SMK, MA untuk dapat bekerja di dalam dan diluar negeri sesuai dengan pengetahuan dan keerampilan yang dimilikinya.
Program Perekrutan tenaga kerja lulusan SMA, SMK, MA difasilitasi Lambada dan PT. Millenium Muda Mandiri melalui kegiatan “SEMINAR PENDIDIKAN MERAIH MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK BERSAMA PT. MILLENIUM MUDA MANDIRI DAN LAMBADA KABUPATEN SUKABUMI”.
Melalui seminar ini diharapkan tumbuhnya semangat bekerja bagi lulusan SMA, SMK, MA di dalam dan diluar negeri sehingga akan dapat mengurangi angka penganguran.
Banyak pendapat yang mengemukakan bahwa bekerja di luar negeri merupakan alternatif pilihan terakhir, setelah menghadapi kesulitan memperoleh pekerjaan di dalam negeri, ya memang harus disadari karena ketersediaan lapangan pekerjaan di dalam negeri belum sebanding dengan jumlah pencari kerja yang pertumbuhannya lebih tinggi dari pertumbuhan kesempatan kerja. Oleh karena itu ketika seseorang  yang telah menjatuhkan pilihan untuk bekerja di luar negeri, hendaknya telah dipikirkan masak-masak, agar sekali menjadi TKI yang sukses, langsung berhasil dan tidak lagi menjadi TKI yang kedua kalinya. Selanjutnya ketika kembali ke tanah air menjadi mantan TKI  yang yang sukses seharusnya sudah mampu mengubah kehidupannya dengan mata pencaharian yang baru, dengan bekerja secara mandiri  atau bekerja ditempat lain, tentu dengan bekal dari hasil dan pengalaman yang diperoleh ketika menjadi TKI tersebut.  
 Kenapa harus menjadi TKI sukses?,  karena kita tidak mungkin menjadi TKI selamanya berada di luar negeri, tetapi bekerja di luar negeri merupakan sasaran sementara karena kesempatan kerja dalam negeri yang  terbatas, yang pasti kesuksesan bekerja di luar negeri akan membawa dampak positif terhadap kesejahteraan bagi TKI dan keluarganya yang ditinggalkan. Untuk menjadi TKI sukses bukan perkara mudah, tetapi membutuhkan kompetensi tertentu yang mencakup keterampilan, ilmu pengetahuan, kecerdasan, kemampuan komonikasi sesuai negara penempatan, dan ketekunan / motivasi / kejujuran (soft skill) yang tinggi, dapat melindungi diri sendiri dengan baik, serta dapat mengelola hasil kerja dengan dengan baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar